Hallo sahabat Ayah dan Bunda terkasih... Selamat datang di Beebies Republic... New Baby Myspace Comments

Jumat, 01 April 2011

Floor Time Untuk Si Kecil



Bayi usia 6-12 bulan jika ditempatkan di lantai akan senang sekali bisa bereksplorasi kesana kemari. Floor time adalah saat dimana anak mendapat kesempatan untuk menikmati waktunya di lantai. Saat itu mereka bebas untuk bermain, merangkak, "menikmati" beragam hal dari bawah.

Banyak orang tua yang khawatir, ragu dan takut menempatkan anaknya di lantai. Padahal, dengan memberi banyak kesempatan untuk "melantai", banyak hal yang bisa mereka pelajari dari bawah.

Sebelum taruh mereka di lantai untuk merangkak, pastikan terlebih dahulu:

1. Tidak ada kancing-kancing, kelereng, koin-koin, dan pernak pernik kecil lainnya yg gampang masuk mulut, gampang tertelan atau bisa membuat buah hati tersedak.
2. Jauhkan pajangan-pajangan yang berpotensi pecah seperti guci, keramik, vas bunga, atau pajangan-pajangan yang mudah diraih dan jatuh menimpa mereka.
3. Usahakan setiap ujung-ujung meja atau kursi yang tajam diberi pengaman, ditutup koran, kardus, atau kulit agar tidak tajam.
4. Pastikan tidak ada benda-benda tajam di sekitar anak, seperti pisau, gunting, silet, paku payung, jarum, dsb.
5. Taruh, simpan, dan kunci rapat-rapat lemari kaca, atau lemari berisi segala jenis obat-obatan, detergen, sabun cuci piring, pembersih lantai, dan segala jenis zat-zat kimia, termasuk cat, kosmetik, lipstik, dsb.
6. Perhatikan kabel listrik dan stop kontak, tutup aksesnya. Usahakan tidak ada kabel seliweran, terbuka, atau terkelupas.
7. Jika memungkinkan, buatkan pagar pengaman untuk ke tangga atau area berbahaya lainnya, sehingga anak tidak bisa naik atau masuk ke area itu.


Ketika akan menaruh bayi di lantai, posisikan diri sebagai bayi.
Ambil posisi merangkak dan perhatikan sekeliling, manakah potensi bahaya yang ada di sekitar, jauhkan dan simpan, baru deh bisa taruh bayi dengan aman, tentunya sambil tetap dipantau :-)

Sumber : disini

0 komentar on "Floor Time Untuk Si Kecil"

Posting Komentar

 

Beebies Republic Copyright 2008 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Ipiet | All Image Presented by Tadpole's Notez